A.
Pengertian Strategi
Strategi adalah cara
atau rencana yang dipilih untuk mencapai tujuan organisasi.Tujuan adalah
pernyataan luas tentang apa yang akan diwujudkan oleh organisasi, tujuan
menunjukkan arah menyeluruh yang akan dituju oleh organisasi, seperti
meningkatkan pendapatan, penjualan, atau laba, melindungi pangsa pasar,
mendiversifikasi, atau meningkatkan kualitas.
Beberapa
Arti Tujuan :
v Goals
Tujuan
perusahaan ditentukan oleh pimpinan manajamen puncak perusahaan yang bersangkutan dengan mempertimbangkan nasihat
yang diberikan oleh para manajer senior, dan selanjutnya diratifikasi oleh
dewan direksi.
v Profitability
Dalam
bisnis profitability menjadi tujuan utama perusahaan, profitability dalam arti
yang paling luas melalui persamaan yang
merupakan hasil dari dua rasio :
·
Profit
Margin Percentege (PML)
·
Investment
Turnover (ITO)
v Memaksimumkan nilai pemegang saham
ROI = Persentase margin laba x Investasi turnover
|
Nilai
pemegang saham ditentukan oleh harga saham, harga saham ditentukan oleh supplay
and demand. Agar suatu organisasi dapat bertahan (survive), maka organisasi
tersebut harus memenuhi kebutuhan masyarakat, serta harus memiliki kinerja yang
baik dan etis dalam melaksanakan usahanya.
v Risiko
Risiko
adalah penyimpangan dari harapan dalam kondisi ketidakpastian. Atau dalam
pengertian yang lain risiko adalah konsekuensi dari suatu inovassi yang
dilakukan oleh suatu organisasi, dimana jika inovasi tersebut berhasil maka
suatu organisassi bisa mendapatkan
keuntungan yang besar, namun jika gagal maka risiko juga akan besar.
v Berbagai pendekatan stakeholder
Organisasi
berpartisipasi pada tiga pasar yaitu :
1. Capital
market
2. Product
market
3. Factor
market
Perusahaan
bertanggungjawab pada stakeholder. Idealnya sistem pengendalian harus
mengidentifikasi tujuan setiap stakeholder dan mengembangkan scorecard untuk
melacak kinerja.
B.
Konsep Strategi
Konsep strategi merupakan
arah/jalur yang direncanakan untuk mencapai tujuan. Formulasi strategi adalah
suatu proses evaluasi kekuatan dan kelemahan yang ada pada perusahaan yang
dilakukan oleh eksekutif senior serta melihat kesempatan dan ancaman pada saat
ini dan memutuskan strategi yang cocok dengan kesempatan yang ada pada
lingkungan.
Pengembangan strategi
dengan membandingkan kemampuan inti organisasi dengan peluang industri :
1. Analisis
lingkungan dan internal
2. Eksplorasi
peluang dan ancaman
3. Identifikasi
kekuatan dan kelemahan internal
4. Mencocokan
peluang dan ancaman dengan kekuatan dan kelemahan internal.
C.
Formulasi Strategi
Faktor Eksternal adalah norma-norma tentang perilaku yang diharapkan
di dalam masyarakat, dimana organisasi menjadi bagiannya, meliputi pesaing,
pelanggan, pemasok, berbagai aturan yang berlaku, faktor sosial dan faktor
politik.
Faktor Internal antara lain adalah keterampilan/kemampuan dalam
bidang teknologi, pengelolaan pabrik, distribusi dan logistik.
D.
Tingkatan
Strategi
1.
Corporate
Level Strategi
Strategi
perusahaan berkaitan dengan bauran bisnis yang tepat (dimana perusahaan harus
bersaing dibandingkan dengan cara bersaing dalam industri tertentu). Strategi
korporat dapat diklasifikasikan menjadi tiga kategori, yaitu :
a.
Single
industry (industri tunggal)
Perusahaan
berkonsentrasi pada satu usaha saja. Sebuah perusahaan industri tunggal
menggunakan kompetensi intinya untuk mengejar pertumbuhan dalam industri itu.
Contoh : NuCor mencapai
pertumbuhan 20 persen per tahun selama periode 38-tahun (1966-2004) dengan
memfokuskan secara eksklusif pada industri baja. Perusahaan menggunakan
kompetensi inti tiga nya (proses pembuatan tahu-bagaimana, adopsi teknologi dan
implementasi tahu-bagaimana, dan pembangunan pabrik tahu-bagaimana) dalam
mencapai hasil ini.
b.
Diversifikasi
tidak terkait
Merupakan usaha yang
tidak terdapat hubungan (tidak saling berkaitan) antara usaha yang satu dengan
usaha yang lainnya. Mengurangi resiko karena jika salah satu usaha gagal maka
masih bisa bergerak diusaha lainnya.
Contoh :
Transtudio(bidang infotainment) dan Transmart (bidang perdagangan), jika salah
satu rugi maka masih ada usaha yang lain.
c.
Diversifikasi
saling berkaitan
Merupakan usaha yang
memiliki lebih dari satu jenis industri. Kelompok lain terdiri dari perusahaan-perusahaan
yang beroperasi di sejumlah industri dan bisnis mereka terhubung satu sama lain
melalui sinergi operasi. Sinergi operasi terdiri dari dua jenis hubungan di
seluruh unit bisnis: (1) kemampuan untuk berbagi sumber umum, dan (2) kemampuan
untuk berbagi kompetensi inti umum. Salah satu cara berhubungan perusahaan
diversifikasi menciptakan sinergi operasi adalah dengan memiliki dua atau lebih
bisnis sumber unit saham seperti tenaga penjualan umum, fasilitas manufaktur
umum, dan fungsi pengadaan umum.
Contoh : Sebagian besar produk
individu Procter & Gamble (P&G) berbagi Salesforce umum dan logistik
umum; sebagian besar produk yang mendistribusikan melalui supermarket.
Kompetensi
Inti dan Diversifikasi Perusahaan
Sebuah
kompetensi inti merupakan sebuah perusahaan unggul dan apa yang menambah nilai
yang signifikan bagi pelanggan. Pertumbuhan berbasis kompetensi dan
diversifikasi karena itu memiliki potensi yang signifikan untuk sukses.
Contoh
: Kompetensi inti kunci Honda adalah kemampuannya untuk merancang mesin kecil.
Honda digunakan kompetensi ini awalnya untuk memasuki bisnis sepeda motor.
Sejak itu, Honda telah memanfaatkan kompetensinya dalam teknologi mesin kecil
dalam berbagai bisnis seperti mobil, mesin pemotong rumput, blower salju,
salju, dan alat listrik di luar ruangan.
2.
Strategi
Unit Bisnis
Strategi Unit Bisnis adalah unit bisnis
independen di bawah perusahaan yang bertujuan untuk mengoptimalisasi sumber
daya dan memaksimalkan nilai perusahaan.
BCG
Model adalah perangkat strategi untuk memberi pedoman
pada keputusan alokasi sumber daya berdasarkan pangsa pasar dan pertumbuhan
UBS.
Build
: Menyiratkan tujuan dari peningkatan pangsa pasar.
Hold
: misi strategis ini ditujukan untuk perlindungan pangsa pasar unit bisnis dan
posisi kompetitif.
Harvest
: misi memiliki tujuan memaksimalkan laba jangka pendek dan arus kas, bahkan
dengan mengorbankan pangsa pasar.
Divest
: misi menunjukkan keputusan untuk menarik diri dari bisnis baik melalui proses
acara likuidasi atau langsung.
Dalam
model BCG setiap unit bisnis di ditempatkan dalam salah satu kategori yang
mewakili empat kategori Question Mark, Star, Cash Cow, dan Dog. Untuk
mengukur tingkat pertumbuhan industri pada poros dan pangsa pasar yang
saling berhubungan. BCG memandang tingkat pertumbuhan industri sebagai
indikator hubungan daya tarik industri
dan hubungan pangsa pasar sebagai indikator kompetitif dari unit bisnis
dalam suatu industri tertentu.
BCG
menentukan pangsa pasar sebagai variabel strategi utama karena pentingnya dalam
menempatkan pada gagasan experience curve.
Menurut BCG, biaya per unit menurun diduga dengan jumlah unit yang diproduksi
dari waktu ke waktu. Sejak pemimpin pangsa pasar memiliki pengalaman produksi,
seperti perusahaan harus memiliki biaya terendah dan laba tertinggi di
industri. hubungan antara pangsa pasar dan profitabilitas juga telah didukung
secara empiris oleh dampak keuntungan database strategi pasar.
Keterbatasan
experience curve sebagai alat untuk
menganalisis:
1.
Konsep berlaku untuk produk
undifferentiated dimana dasar utama untuk persaingan harga. Untuk produk ini,
menggunakan harga murah sangatlah penting. Namun, pangsa pasar dan biaya rendah
bukan satu-satunya cara untuk bisa berhasil. Ada perusahaan dengan pangsa pasar
yang rendah yang memperoleh keuntungan yang tinggi dengan menekankan keunikan
produk daripada biaya rendah.
2.
Perbaikan situasi tertentu dalam proses
teknologi mungkin memiliki dampak yang lebih besar pada pengurangan biaya
per-unit dari volume secara yang kumulatif per – unit.
3.
Mengejar target untuk mengurangi biaya
melalui akumulasi produksi barang standar yang menyebabkan hilangnya
fleksibilitas di pasar.
4.
Komitmen untuk konsep experience curve dapat menjadi kerugian yang besar jika teknologi baru muncul di industri.
5.
Pengalaman bukan satu-satunya pemicu
biaya. Pemicu lain yang mempengaruhi perilaku biaya adalah; skala, ruang
lingkup, teknologi dan kompleksitas. Kebutuhan perusahaan untuk
mempertimbangkan dengan hati-hati pemicu biaya relevan di tempat kerja untuk
mencapai posisi murah.
BCG
menggunakan logika berikut untuk membuat resep strategis bagi masing-masing
empat sel di exhibit 2. 5. Unit usaha dalam kuadran "Question
Mark" biasanya ditugaskan misi; "Membangun (Build) " pangsa
pasar. Logika berbanding tebalik jika berkaitan dengan efek menguntungkan dari experience curve. BCG berpendapat bahwa,
dengan membangun pangsa pasar di awal fase pertumbuhan industri, unit bisnis
akan menikmati posisi dengan harga murah. Unit ini pengguna utama adalah aliran
dana, karena pengeluaran kas diperlukan di bidang pengembangan produk, pasar
developmenet dan kapasitas ekspansi. Pengeluaran tersebut ditujukan untuk
membangun kepemimpinan pasar dalam jangka pendek, yang akan menekan keuntungan
jangka pendek. Namun, pangsa pasar meningkat adalah untuk menghasilkan keuntungan jangka panjang.
Unit
bisnis dalam kuadrant "star” biasanya ditugaskan untuk ;
"Mempertahankan (Hold)" pangsa pasar. Unit
bisnis yang termasuk ke dalam situasi jika pangsa pasar yang diperoleh relatif
besar, sementara pertumbuhan pasarnya pun relatif tinggi. Situasi ini
menyebabkan unit bisnis ini menghasilkan aliran dana sedang. Unit bisnis ini
juga memerlukan tambahan dana untuk mengejar pertumbuhan pasar dan berusaha
untuk memperthankan pangsa pasar.
Unit
bisnis dalam kuadran “cash cow” adalah sumber utama
aliran dana bagi perusahaan. Karena unit-unit ini memiliki pangsa pasar relatif
tinggi, sementara pertumbuhan pasarnya relatif rendah. Situasi ini menyebabkan
unit bisnis ini menghasilkan aliran dana positif. Unit bisinis ini merupakan
penyumbang dana terbesar bagi perusahaan. Unit ini ditugaskan untuk misi; harvest
untuk keuntungan dan arus kas jangka pendek.
Unit
bisnis di kuadran Dog memiliki pangsa pasar yang relatif rendah, dengan
pertumbuhan pangsa pasarnya juga rendah. Pada posisi ini bisnis jadi tidak
menarik. Dalam situasi ini memerlukan tambahan dana untuk meningkatkan pangsa
pasarnya supaya dapat bertahan.
General
Electric Company / McKinsey & Company grid dengan BCG grid dalam membantu
perusahaan menetapkan misi di seluruh unit bisnis. Perbedaan General Electric
Company / McKinsey & Company grid dengan BCG grid berikut:
1. tingkat
pertumbuhan penggunaan BCG industri sebagai daya tarik industri. Di grid
General Electric, daya tarik industri didasarkan pada penilaian tertimbang tentang
faktor seperti ukuran pasar, pertumbuhan pasar, hambatan masuk, usang teknologi
dan sejenisnya.
2. BCG
menggunakan hubungan pangsa pasar sebagai proxy untuk posisi kompetitif unit
bisnis saat ini. Grid General Electric, di sisi lain menggunakan beberapa
faktor seperti pangsa pasar, kekuatan distribusi, dan kekuatan teknik untuk
menilai posisi kompetitif unit bisnis.
Keunggulan Kompetitif Unit Bisnis
Pendekatan
analisis untuk mengembangkan keunggulan kompetitif:
1. Analisis
Industri
Analisis sttruktur industri
model lima kekuatan Porter :
1) Intensitas
persaingan diantara para pesaing yang ada
Faktor-faktor
yang mempengaruhi persaingan secara langsung adalah pertumbuhan industri,
perbedaan produk, jumlah dan keanekaragaman pesaing, tingkat biaya tetap, kapasitas
intermiten yang berlebihan, dan kendala untuk keluar dari industri.
2) Daya
tawar pelanggan
Faktor-faktor
yang mempengruhi daya beli adalah jumlah pembeli, biaya peralihan pembeli,
kemampuan pembeli untuk mengintegrasikan kembali, dampak produk dari unit
bisnis pada biaya total pembeli, dampak produk unit bisnis pada
kualitas/kinerja produk pembeli, dan signifikansi volume unit bisnis bagi
pembeli.
3) Daya
tawar pemasok
Faktor-faktor
yang mempengaruhi kekuatan pemasok adalah jumlah pemasok, kemampuan pemasok
untuk melakukan integrasi ke depan, kehadiran input substitusi, dan pentingnya
volume unit bisnis bagi pemasok.
4) Ancaman
dari barang substitusi
Faktor-faktor
yang mempengaruhi ancaman barang substitusi adalah harga/kinerja relatif barang
substitusi, biaya peralihan pembeli, dan kecenderungan pembeli untuk
menggunakan barang substitusi.
5) Ancaman
pendatang baru yang masuk industri
Faktor-faktor
yang mempengaruhi kendala untuk masuk ke dalam industri adalah persyaratan
modal, akses terhadap saluran distribusi, skala ekonomis, diferensiasi produk,
kompleksitas teknologi dari produk atau proses, tindakan balasan yang
diperkirakan dari perusahaan-perusahaan yang sudah ada, dan kebijakan
pemerintah.
Ada
tiga observasi yang dibuat sehubungan dengan analisis industri :
1. Semakin
kuat lima kekuatan tersebut, semakin rendah kemungkinan probabilitas dari
industri itu.
2. Bergantung
pada kekuatan relatif dari lima kekuatan itu, masalah strategis kunci yang
dihadapi oleh unit bisnis tersebut yang akan berbeda dari satu industri ke
industri lain.
3. Memahami
hakikat setiap kekuatan, membantu perusahaan untuk merumuskan strategi yang
efektif.
Keunggulan Bersaing Generik
Dua
cara generik untuk merespon kesempatan dalam lingkungan eksternal dan
mengembangkan keunggulan kompetitif yang berkesinambungan :
1. Biaya
rendah
Kepemimpinan biaya
dapat diperoleh melalui beberapa pendekatan seperti skala ekonomis dalam
produksi, dalam kurva belajar, pengendalian biaya yang ketat dan minimalisasi
biaya.
2. Diferensiasi
Fokus utama strategi ini adalah melakukan
deferensiasi penawaran produk yang dihasilkan oleh unit bisnis, sehingga
menciptakan sesuatu yang dipandang oleh pelanggan sebagai sesuatu yang unik.
Dasar Untuk Keunggulan Kompetitif
Unit-unit bisnis dapat
mengembangkan keunggulan kompetitif yang didasarkan pada biaya rendah,
diferensiasi, atau keduanya. Posisi persaingan yang paling menarik adalah
mencapai cost-cum differensiation.
Rantai Nilai Tipikal untuk Sebuah
Bisnis
Rantai
nilai adalah sekelompok kegiatan lengkap yang terlibat dalam suatu produk,
mulai dan ekstrasi bahan baku dan berakhir dengan dukungan pascapengiriman bagi
pelanggan.
Kerangka
rantai nilai adalah metode untuk membagi rantai tersebut – dari bahan baku
dasar sampai pelanggan pelaku akhir – ke dalam kegiatan spesifik untuk dapat
memahami perilaku biaya dan sumber deferensiasi.
Komentar
Posting Komentar